Senin, 12 Maret 2012

HTML5 ?


HTML5 logo


Apa

Jadi sebenarnya apa itu HTML5 ? Begitu banyak buzz sekitar kata HTML5. Secara sederhana, sebenarnya HTML5 adalah sebuah standar terbaru dari HTML. Saat ini (red 2012) sedang di godok oleh organisme W3C untuk menggantikan standar saat ini yaitu HTML 4. Standar ini masih belum mencapai draft final, yang memungkinkan masih pergantian disana sini. Bila anda tertarik dengan draft itu sendiri, bisa ditengok di link berikut ini :


Prefix dev menunjukan kalau spesifikasi masih dalam tahap pembangunan masih dalam bentuk draft.

Mengapa

Mengapa HTML5 dibuat ? Ada beberapa tendensi disekitar teknologi web saat ini. Semakin berkembangnya dunia maya yang ditandai oleh banyaknya : pengguna web, programmer web, applikasi web, hosting web ... dan lain sebagainya terlihat sebuah kebutuhan akan penggunaan web yang semakin canggih dan modern. Web tidak lagi hanya sebuah applikasi yang digunakan secara eksklusif untuk melihat konten (isi) secara pasif. Web menjadi sebuah applikasi yang interaktif, dinamis, real time ... singkat kata sebuah applikasi yang kaya.

Kebutuhan ini tidak dapat lagi dipenuhi oleh standar aktual HTML, sehingga pada awalnya untuk mengakali keterbatasan tersebut munculah plugin yang sayangnya terkadang hanya spesifik pada sebuah browser saja. Tentu ini sangat merepotkan orang untuk membuat applikasi yang bisa dijalankan di web. Sebuah website apabila tidak dapat dijalankan oleh semua browser (paling enggak major browser) tentu menjadi tidak menarik. Contoh klasik : browser 1 mempunyai solusi A, browser 2 mempunyai solusi B browser 3 memiliki solusi C. Sebuah applikasi agar dapat dijalankan di ketiga browser tersebut harus mengimplementasikan ketiga solusi (A, B, C) ini sama saja membuat ongkos sebuah applikasi naik menjadi 3 kali. Hal inilah yang akan menghambat perkembangan dari web.

Melihat kenyataan inilah para aktor (vendor) yang memiliki kepentingan terhadap web memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk sebuah spesifikasi/standar baru yaitu HTML5.

Siapa

Siapa aktor-aktor tersebut, bermacam-macam backgroundnya : vendor, peneliti, programmer, pemilik applikasi web ... Untuk singkatnya mereka tergabung dalam sebuah kelompok kerja untuk mendefinisikan standar HTML5 yang bergerak dibawah naungan W3C.

W3C merupakan singkatan dari World Wide Web Consortium, sebuah organisasi non profit yang bertujuan untuk mendefinisikan standar-standar web : HTML, XHTML, XML dan lain sebagainya. Berasal dari organisasi inilah HTML5 akan dikeluarkan.

Kapan

Versi final HTML5 direncanakan selesai pada tahun 2014. Tapi walau begitu sejak proyek HTML5 mulai digaungkan browser sudah mulai untuk mengimplementasikan sedikit demi sedikit standar HTML5.  Mengapa begitu ?

Standar dahulu sebelum implementasi membuat standar yang tidak terimplementasiImplementasi sebelum standar membuat program menjadi tidak standar

Seperti siapa yang terlebih dahulu Ayam atau telur ? Jawabannya disini adalah jalan kedua-duanya. Ingat ini adalah sebuah standar dengan kepentingan yang sangat besar. Kesalahan konsep pada standar dapat membuat sebuah standar tidak dapat diimplementasikan. Solusinya adalah jalan bersamaan : sedikit demi sedikit dilengkapi dan di test secara reel karena sudah di implementasikan. Dari implementasi ini lah dapat ditarik feedback masukan untuk HTML5.

Bagaimana

Untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan HTML5 silahkan ditunggu posting-posting berikutnya. Yang ingin mengintip secara langsung HTML5 silahkan melihat :

www.html5bydemo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar